Searching...
Jumat, 17 Desember 2010

Cerita - Jamane Melu Pramuka

Hmmmm Pramuka merupakan kependekan dari Praja Muda Karana yang artinya saya ndak tau, hahahaha.
Yah, semenjak kelas 6 SD saya rajin mengikuti kegiatan ini. Pramuka tingkat SD disebut dengan SIAGA. Ketika SD saya menjadi salah satu tim inti yang aktif kegiatan dalam perlombaan. Menang ga? Jawabnya adalah tidak, wkkwkwwk. Tapi setidaknya tim sudah memberikan yang terbaik demi Sekolah tercinta, MI Al-Mu'awanah Kendal Rejo.

Naik ke SMP (SMPN 2 Petarukan) saya juga ikutan Pramuka lagi. Di tingkat ini namanya Penggalang. Nah, Penggalang sendiri ada 3 tingkat yang harus melalui ujian yaitu Ramu, Rakit dan Terap. Saya sendiri waktu itu sampe tuntas mengikuti ujian tersebut hingga Terap (kalau ndak salah, hahaha ga yakin sih wis suwi). Dan di tingkat SMP inilah aku full dari kelas 1 sampai kelas 3 ikut Pramuka.

Ketika kelas 1 kegiatan Pramuka wajib menjadi Kegiatan Ekstrakurikuler yang nilainya akan muncul di Raport Tiap Catur Wulan (belum make semester). Kegiatannya sendiri biasanya dilaksanakan tiap hari Minggu Jam 3 sore hingga menjelang Maghrib(kalo ndak salah juga).
Nah, pas jaman kelas 1 ini saya jadi ketua Regu Banteng selama 1 tahun. Jadi, pada kelas 1 ada 8 kelas dan masing2 kelas ada 4 Regu yang terdiri dari 2 Regu Cowok (nama sesuai nama biantang) dan Regu Cewek sesuai nama Bunga. Yang lucu ada salah satu Regu dari kelas lain yang namanya "Merutu" yang notabene sejenis hewan kecil beterbangan kalau ada makanan yang basi, wkwkkwwk.

Nah, seiring berjalannya waktu ketika menjelang kenaikan kelas dipilihlah anak-anak yang akan masuk Koprasus alias Komando Pramuka Khusus. Beuh pas pemilihan saya malah ga masuk asyik maen di sawah bareng temen-temen. Ketika minggu depannya saya masuk, saya ngiri ga kepilih. Hiks hiks...

Koprasus ini sendiri nantinya ketika naik kelas 2 SMP akan bermetamorfisi menjadi Regu Inti yang akan aktif dalam kegiatan Pramuka Sekolah baik di dalam Interne sekolah maupun sebagai perwakilan untuk tingkat Kecamatan, maupun Kabupaten.

Pramuka di SMP saya sendiri menjadi salah satu tim yang disegani untuk tingkat Kabupaten karena sering mendapat 3 besar. Hanya saja ketika saya menjadi Regu Inti, beberapa orang saja yang dipilih menjadi wakil ke tingkat Kabupaten dan kami ketika itu mendapat juara 2 Putra.

Selanjutnya naik ke kelas 3. Nah, seharusnya ketika naik kelas 3 total harus berhenti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka karena harus mempersiapkan diri menghadapi Ebtanas. Akan tetapi karena tim pme-Back Up kami belum siap (juniornya belum siap) makannya kami yang kelas 3 dicampur dengan beberapa orang dari kelas 2 maju mewakili Sekolah untuk Jambore Tingkat kecamatan. Dan hasilnya kami kalah, wkwkkwkwwk. Selepas kegiatan tersebut otomatis saya dan teman-teman kelas 3 stop dari kegiatan Pramuka.

Selama Pramuka tingkat SMP ada banyak lagu yang diperkenalkan Pembina kepada kami. Salah satunya adalah "Penggalang dari Kota Pemalang". Berikut ini adalah liriknya.

Kami ini Penggalang dari Kota Pemalang
Orang Jawa Tengah jujur sopan ramah tamah
Kami ini Pramuka brani dan tak putus asa
Taqwa gembira dan dapat dipercaya
Ayo sama-sama kita pergi ke Jambore
Kita jumpa saudara se Petarukan...

Lagu-lagu yang ada di Pramuka kebanyakan merupakan lagu yang sudah ada yang liriknya diubah sesuai dengan tema-tema Pramuka.

Sekian cerita PRamuka SMP.

Nah, ketika SMA saya juga obsesi ikutan Pramuka. Ternyata kegiatan Pramuka di daerah Sumatera Utara terutama di daerah saya sekolah tidak semeriah di Jawa Khususnya Pemalang. Dan ketika saya ikut sekali latihan besoknya saya langusng males. Kenapa coba?
Kami yang junior2 dirusuh latihan baris berbaris, yang senior asyik aja pada pacaran, wkwkwkwk cacat bener. Besoknya langsung aja, ga masuk dan Resign.

Begitulah ceritanya


Sumber Gambar :
http://hensyam.wordpress.com/2009/08/14/selamat-hari-pramuka-riwayatmu-kini/pramuka-1/

0 komentar:

 
Back to top!